Resep dan Cara Membuat Kue Widaran Keju

Resep dan Cara Membuat Kue Widaran Keju - Siapa yang tak kenal dengan kue widaran? Di Jawa biasanya kue satu ini disajikan saat ada acara-acara spesial. Mulai dari acara arisan keluarga, pernikahan, lebaran, dan lainnya.

Sekilas widaran mirip dengan kue telur gabus, namun kue widaran cenderung memiliki rasa yang lebih gurih bukannya manis. Bagi Anda yang penasaran, langsung saja coba resep dan cara membuat kue widaran keju berikut ini.

kue widaran keju

Resep Kue Widaran Keju Praktis

Bahan:
  • Tepung ketan cukup sebanyak 400 gr
  • Garam cukup kiranya  2 sdt
  • Air putih matang cukup dengan 100 ml
  • Keju cheddar parut sekitar 100 gr
  • Kuning telur sebanyak  4 butir
  • Putih telur dari 2 butir, kocok hingga kaku.
  • Minyak untuk menggoreng seperlunya saja.

Cara Membuat Kue Widaran Keju dengan Mudah

  1. Pertama campur terlebih dahulu bahan-bahan seperti tepung ketan, garam, air, keju, dan kuning telur hingga merata. Agar cepat merata, disarankan untuk menggunakan bantuan mixer dalam mengaduknya.
  2. Berikutnya masukan putih telur yang telah dikocok sebelumnya. Aduk-aduk kembali adonan tersebut hingga tercampur merata.
  3. Sekarang cetak adonan dengan menggunakan bantuan tangan. Sebenarnya bentuk cetakan bisa sesuai selera masing-masing, tetapi agar mirip dengan widaran asli silahkan bentuk mirip dengan cabe merah besar.
  4. Panaskan minyak di dalam wajan. Agar hasilnya nanti bisa matang secara merata, silahkan gunakan minyak dengan takaran lebih banyak.
  5. Apabila sudah panas, goreng adonan-adonan yang telah dibentuk tadi hingga berubah warna menjadi kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  6. Agar kue widaran nantinya tidak lembek, setelah ditiriskan lebih baik disimpan dalam toples hingga nanti disajikan. Selesai.
Lihat juga :
Bagaimana, mudah kan? Meskipun Anda tidak memiliki keahlian memasak sama sekali, dijamin Anda bisa membuat kue ini sendiri di rumah. Sekian resep dan cara membuat kue widaran keju yang bisa kami sajikan. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda, salam!

Resep dan Cara Membuat Kue Widaran Keju Rating: 4.5 Posted By: arwanapratama

0 komentar:

Posting Komentar