Resep Membuat Kue Ongol Ongol Mudah

Resep Membuat Kue Ongol Ongol - Kue ongol-ongol merupakan salah satu jajanan tradisional yang dahulu pernah sangat populer. Kue satu ini memiliki tekstur lembut dan kenyal yang didapat dari tepung sagu.

Namun untuk saat ini menemukan kue ongol-ongol sangatlah sulit, apalagi di kota-kota besar. Meski demikian, Anda masih bisa membuat kue tradisional ini di rumah. Nah, berikut kami sajikan resep membuat kue ongol-ongol dengan mudah dan praktis.

ongol-ongol

Resep Kue Ongol-Ongol Praktis dan Sederhana

Bahan-bahan:
  • Tepung sagu cukup dengan 200 gram
  • Gula pasir sebanyak 250 gram
  • Air bersih sekiranya  400 ml
  • Daun pandan cukup 1 lembar saja ( dicuci bersih )
  • Kelapa parut seperlunya saja, untuk lapisan luar
  • Garam secukupnya.

Cara Membuat Kue Ongol-Ongol dengan Mudah

  1. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu sebuah wadah untuk membuat adonan nantinya. Setelah itu, campurkan antara tepung sagu dengan air sebanyak 250 ml. Aduk-aduk sampai tepung dan air membentuk adonan.
  2. Selanjutnya rebus daun pandan dan gula dengan menggunakan air yang tersisa tadi sampai mendidih. Kemudian masukan kedalam larutan tepung sagu dan aduk-aduk kembali sampai tercampur rata.
  3. Masak adonan yang telah dibuat tadi dengan menggunakan api kecil hingga sedikit mengental. Jika sudah, silahkan dipotong-potong sesuai selera Anda.
  4. Sekarang campurkan antara parutan kelapa dengan garam. Bila perlu remas-remas sampai tercampur rata. Lalu kukus selama 5 menit supaya garam dan parutan kelapa menyatu.
  5. Gulingkan adonan yang telah dipotong-potong tadi diatas parutan kelapa kukus sampai merata. Lalu sajikan!
Agar kue ongol-ongol menjadi semakin nikmat, sangat disarankan untuk berkreasi sendiri. Misalnya dengan menambahkan parutan keju, coklat, selai stroberi, nanas, dan lain sebagainya. Usahakan berkreasi sesuai selera masing-masing supaya lebih memuaskan.

Demikian informasi singkat seputar resep membuat ongol-ongol dengan mudah dan praktis. Silahkan bagi Anda yang penasaran langsung saja coba resep diatas sekarang juga. Selamat mencoba dan semoga hasilnya mantap, salam!

Resep Membuat Kue Ongol Ongol Mudah Rating: 4.5 Posted By: arwanapratama

0 komentar:

Posting Komentar