Resep dan Cara Membuat Kue Sentiling Singkong Kenyal

Resep dan Cara Membuat Kue Sentiling Singkong – Kue sentiling merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari bahan parutan singkong. Bahan tersebut kemudian dicampur dengan beragam warna supaya terlihat lebih menarik.

Jaman dahulu kue sentiling sangat disukai oleh anak-anak, tetapi sekarang ini untuk menemukan kue ini sangatlah sulit. Meski demikian, Anda masih bisa mencicipi kue ini dengan cara membuatnya sendiri. Berikut resep dan cara membuat kue sentiling singkong yang bisa dicoba.

kue sentiling singkong

Resep Membuat Kue Sentiling Singkong Praktis

Bahan-bahan:
  • Singkong sebanyak 1 kg, bersihkan dan parut halus
  • Garam halus cukup kiranya 1 sendok teh
  • Gula pasir sekitar 250 gram
  • Air seperlunya saja
  • Pewarna makanan sesuai selera (bisa merah, kuning, hijau, dll)
  • Pasta vanili sebanyak 1/2 sendok teh
Bahan lapisan luar:
  • Kepala parut yang tidak terlalu tua seperlunya
  • Garam sesuaikan dengan selera masing-masing.

Cara Membuat Kue Sentiling Singkong dengan Mudah

  1. Tahap pertama campurkan antara parutan singkong, gula, pasta vanili, garam, dan air dalam sebuah wadah. Aduk-aduk semua bahan tersebut hingga dapat tercampur secara merata.
  2. Selanjuya bagi adonan yang telah dibuat tadi menjadi 3 bagian dengan besaran sama Masing-masing adonan berilah pewarna yang berbeda. Misalnya kuning, merah, hijau, dsb.
  3. Bentuklah adonan yang telah diberi warna tadi menjadi balok persegi panjang. Kemudian kukus selama kurang lebih 35 menitan sampai matang.
  4. Jika sudah matang, potong kukusan tadi menjadi bentuk dadu. Sisihkah terlebih dahulu.
  5. Campur antara parutan kelapa dan garam, lalu kukus sebentar supaya mereka berdua menyatu.
  6. Gulingkan adonan kue yang telah dibentuk dadu tadi diatas parutan kelapa sampai merata. Kemudian sajikan kepada keluarga tercinta. Jangan lupa nikmati kue sentiling bersama dengan teh manis atau minuman lain agar tak mudah tersedak.
Demikian info resep dan cara membuat kue sentiling singkong yang bisa kami sajikan. Semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi Anda, salam.

Resep dan Cara Membuat Kue Sentiling Singkong Kenyal Rating: 4.5 Posted By: arwanapratama

0 komentar:

Posting Komentar