Resep dan Cara Membuat Sop Kikil Sapi Praktis

Resep dan Cara Membuat Sop Kikil Sapi – Siapa yang tidak kenal dengan sop kikil sapi? Tentunya sudah banyak yang kenal dan bahkan mencicipi kuliner khas Indonesia satu ini. Biasanya sop kikil banyak dijadikan sebagai menu makan malam, karena kuahnya yang gurih dengan racikan rempah khasnya akan membuat tubuh lebih hangat.

Untuk membuat sop kikil sapi sendiri sebenarnya cukup mudah sekali. Cuman kesulitan yang mungkin terjadi adalah ketika kita memasak kikil sapi tersebut. Supaya kikil empuk dan matang sempurna, kita harus memasaknya lebih lama. Langsung saja berikut resep dan cara membuat sop kikil sapi mudah yang bisa Anda coba di rumah.

sop kikil kaki

Resep Membuat Sop Kikil Sapi Gurih

Bahan:
  • Kaki sapi cukup sebanyak 2 buah
Bumbu halusan:
  • Bawang merah sekiranya 10 siung
  • Bawang putih sebanyak 10 siung
  • Laos 1 saja berukuran 5 cm
  • Jahe sebanyak 1 berukuran 5 cm
  • Garam sebanyak 1 sendok makan
  • Kemiri goreng segenggam
  • Cabe merah besar sebanyak 5 buah saja.

Cara Membuat Sop Kikil Sapi dengan Mudah dan Sederhana

  1. Pertama bersihkan kaki sapi yang telah dipersiapkan tadi, terutama dari bulu-bulu halusnya. Setelah itu, potong kaki sapi menjadi kecil-kecil supaya nantinya lebih cepat empuk. Lalu rebus potongan-potongan tersebut sampai mendidih dan empuk.
  2. Sementara menunggu mendidih, silahkan tumis semua bumbu halusan hingga mengeluarkan aroma harum. Usahakan menumis dengan api kecil saja agar bisa matang secara merata.
  3. Sekarang masukan kikil yang telah direbus tadi kedalam tumisan. Tumis kembali hingga bumbu halusan meresap kedalam daging kikil sapi tersebut.
  4. Berikutnya masukan air matang yang telah dipersiapkan kedalam tumisan tadi. Sambil merebus, beri adukan lembut. Apabila ingin cepat matang, Anda bisa menggunakan panci presto.
  5. Apabila sup kikil sudah matang, tuang ke mangkuk dan taburi dengan bawang goreng sesuai selera. Nikmati sop kikil selagi masih hangat.

Itulah informasi seputar resep dan cara membuat sop kikil sapi yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga hasilnya mantap, salam!

Resep dan Cara Membuat Sop Kikil Sapi Praktis Rating: 4.5 Posted By: arwanapratama

0 komentar:

Posting Komentar